
Bisnishotel.id, BANDUNG – Festival Kuliner Bandung (FKB) 2025 tidak hanya menampilkan kemeriahan ratusan tenant kuliner dari berbagai daerah, tetapi juga menjadi bukti pentingnya peran konektivitas digital. Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui layanan Indosat IM3 Platinum, berkolaborasi dengan HiFi, hadir memastikan kelancaran ribuan transaksi digital para pelaku UMKM selama acara berlangsung.
Digelar sejak 28 Agustus 2025 dan diperpanjang hingga 5 Oktober 2025, FKB Vol. 2 menjadi ajang pertemuan ribuan pengunjung harian dengan ratusan UMKM kuliner. Seluruh transaksi di festival dilakukan secara non-tunai (cashless), dengan lebih dari 90% mesin EDC tenant terhubung ke jaringan Indosat.
Menurut EVP–Head of Circle Jakarta Raya (JAYA) Indosat Ooredoo Hutchison, Chandra Pradyot Singh, keandalan jaringan menjadi kunci dalam mendukung pelaku UMKM.
“Teknologi yang bermakna adalah teknologi yang menggerakkan. Melalui konektivitas, kami ingin pelaku UMKM fokus melayani tanpa cemas soal transaksi, sementara pengunjung menikmati pengalaman tanpa hambatan,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (30/9/2025)
Untuk menjaga stabilitas jaringan selama gelaran FKB Vol. 2, Indosat menyiapkan optimalisasi kapasitas jaringan di area padat pengunjung serta monitoring real-time oleh tim network. Rata-rata penggunaan data pelanggan di lokasi festival bahkan melampaui trafik malam pergantian tahun 2025. Kendati demikian, tidak ditemukan gangguan berarti dalam konektivitas maupun performa mesin EDC.
Lebih jauh, tren peningkatan trafik data juga menegaskan pergeseran gaya hidup masyarakat yang kian mengandalkan konektivitas, bukan hanya untuk komunikasi, tetapi juga untuk ekonomi digital. Data internal Indosat menunjukkan lebih dari 60% pelanggan baru IM3 Platinum memilih paket dengan kuota besar dan fitur fleksibel seperti rollover data dan eSIM.
Indosat IM3 Platinum juga menawarkan pengalaman digital lebih lengkap melalui aktivasi eSIM yang mudah, jaringan 5G yang semakin luas, hingga fitur rollover kuota. Penawaran bonus kuota, nomor cantik, hingga cashback turut melengkapi strategi perusahaan dalam menghadirkan layanan relevan bagi pelanggan.
Dengan langkah ini, Indosat menegaskan komitmennya menghadirkan layanan telekomunikasi yang tidak hanya kuat secara teknis, tetapi juga berperan aktif memberdayakan UMKM, menghubungkan komunitas, dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital nasional.
